Tips Memulai Bisnis Usaha Angkringan Untuk Pemula

Bisnis usaha angkringan dapat menguntungkan jika dijalankan dengan tepat dan terus meningkatkan kualitas layanan.

Bisnis usaha angkringan adalah sebuah bisnis yang bergerak di bidang jasa makanan dan minuman. Bisnis ini biasanya terdapat di pinggir jalan atau dekat dengan tempat-tempat umum seperti pasar, terminal, stasiun kereta, atau kampus. Angkringan menyajikan makanan dan minuman yang murah dan mudah diakses oleh masyarakat.

Bisnis angkringan biasanya dijalankan oleh keluarga atau individu yang memiliki modal terbatas. Mereka mengoperasikan bisnis ini dengan menyediakan meja-meja kecil dan kursi-kursi lipat yang diletakkan di depan gerai. Menu yang disajikan biasanya terdiri dari nasi goreng, mie goreng, soto, teh dan kopi, jus, dan camilan-camilan seperti bakso, gorengan, dan keripik.

Bisnis Usaha Angkringan

Untuk memulai bisnis angkringan, yang perlu dilakukan adalah mendapatkan izin usaha dari pihak terkait, menyiapkan gerai, menyediakan menu yang bervariasi dan enak, serta menjaga kebersihan dan kualitas makanan yang ditawarkan. Hal ini akan menjadi daya tarik bagi pelanggan untuk datang dan menikmati makanan yang disajikan.

Selain itu, bisnis angkringan juga dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi pemiliknya. Dengan menjalankan bisnis ini, pemilik dapat meraih keuntungan dari penjualan makanan dan minuman yang ditawarkan. Pemilik juga dapat mengembangkan bisnis ini dengan menawarkan menu-menu baru dan melakukan promosi untuk menarik pelanggan.

Berapa Modal Membuka Usaha Angkringan?

Modal untuk membuka usaha angkringan bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran, dan kondisi usaha. Namun, sebagai acuan, modal minimum yang dibutuhkan untuk membuka usaha angkringan berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 50 juta.

Apakah Usaha Angkringan Menguntungkan?

Ya, usaha angkringan dapat menguntungkan jika dijalankan dengan tepat dan terus meningkatkan kualitas layanan serta menambah variasi menu yang ditawarkan. Selain itu, lokasi strategis dan promosi yang efektif juga dapat meningkatkan keuntungan dari usaha angkringan.

Langkah Awal Membuka Bisnis Usaha Angkringan

  1. Tentukan lokasi usaha. Pilih lokasi yang strategis dan mudah di jangkau banyak orang.
  2. Persiapkan modal. Hitung jumlah modal yang dibutuhkan untuk membeli peralatan, bahan baku, dan biaya operasional.
  3. Cari sumber bahan baku. Tentukan jenis makanan dan minuman yang akan dijual, lalu cari sumber bahan baku yang terjamin kualitas dan harganya terjangkau.
  4. Siapkan peralatan dan perlengkapan. Persiapkan peralatan seperti meja, kursi, dan tempat sampah, serta perlengkapan seperti sendok, garpu, dan piring.
  5. Buat menu dan harga jual. Buat daftar menu yang akan dijual, lalu tentukan harga jual yang sesuai dengan biaya produksi dan kondisi pasar.
  6. Promosikan usaha. Buat papan nama dan spanduk untuk menarik perhatian pelanggan, serta promosikan usaha melalui media sosial dan mulut ke mulut.
  7. Pelajari teknik memasak dan pelayanan pelanggan. Cari sumber belajar teknik memasak dan pelayanan pelanggan yang baik, agar usaha dapat berjalan dengan lancar dan menarik pelanggan.

Manfaat Usaha Angkringan

  • Menjadi sumber penghasilan bagi pemilik usaha.
  • Menyediakan tempat makan dan minum bagi masyarakat.
  • Menjadi sarana hiburan dan tempat berkumpul bagi masyarakat.
  • Menambah variasi jenis usaha di suatu kawasan.
  • Menjadi tempat promosi produk lokal dan kuliner khas daerah.
  • Memperkuat ekonomi masyarakat lokal.
  • Menjadi peluang bisnis bagi pelaku usaha kecil.
  • Menjadi tempat kerja bagi karyawan yang bekerja di usaha angkringan.

Berapa Keuntungan Usaha Angkringan?

Tidak ada jawaban pasti mengenai keuntungan usaha angkringan karena bergantung pada beberapa faktor seperti lokasi, jenis makanan yang dijual, dan banyaknya pengunjung. Namun, sebagai estimasi, keuntungan usaha angkringan dapat berkisar antara Rp. 500.000 hingga Rp. 2.000.000 per hari.

Kesimpulan

Setelah melakukan riset dan analisis pasar, dapat disimpulkan bahwa membuka usaha angkringan dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Angkringan merupakan tempat makan yang sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia, sehingga permintaan akan makanan dan minuman di angkringan cukup tinggi.

Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha angkringan relatif kecil dan bisa dipulihkan dengan cepat. Namun, perlu diingat bahwa untuk menjalankan usaha angkringan yang sukses, perlu adanya strategi dan manajemen yang baik serta konsistensi dalam menjaga kualitas produk yang ditawarkan.

Posting Komentar