Mengenal Penyakit Asma dan Cara Mengatasinya

Asma adalah penyakit paru-paru yang ditandai dengan adanya sesak napas, batuk, dan pembengkakan pada saluran napas. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit paru-paru kronis yang banyak dialami oleh masyarakat di seluruh dunia.

Penyakit asma dapat terjadi pada semua orang, namun lebih sering terjadi pada anak-anak dan orang dewasa muda. Penyakit ini dapat terjadi karena adanya alergi terhadap beberapa bahan yang masuk ke dalam tubuh, seperti debu, serbuk sari, atau bulu hewan. Penyakit asma juga dapat terjadi karena adanya infeksi pada saluran napas, seperti influenza atau pneumonia.

Gejala dari penyakit asma biasanya muncul secara tiba-tiba dan dapat bervariasi dari ringan hingga berat. Gejala yang paling umum adalah sesak napas, batuk, dan rasa tidak nyaman pada dada. Gejala ini dapat terjadi pada saat istirahat atau saat melakukan aktivitas fisik. Beberapa orang juga dapat mengalami gejala lain seperti sakit kepala, lesu, dan merasa lelah.

Untuk mengetahui apakah seseorang menderita asma atau tidak, dokter akan melakukan beberapa tes seperti tes fungsi paru, tes alergi, dan tes darah. Tes ini akan membantu dokter untuk menentukan penyebab asma dan menentukan pengobatan yang tepat.

Cara Mengatasi Penyakit Asma

Berikut adalah 10 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi penyakit asma:
  1. Hindari faktor-faktor yang dapat menyebabkan serangan asma, seperti debu, asap, polusi udara, atau bau-bauan yang tajam.
  2. Bila Anda memiliki alergi, lakukan tes alergi untuk mengetahui apa yang menyebabkan reaksi alergi Anda dan hindari makanan atau situasi yang dapat menimbulkan reaksi alergi tersebut.
  3. Pastikan Anda memiliki obat asma yang sesuai dengan resep dokter, dan gunakan obat tersebut sesuai dengan petunjuk dokter.
  4. Bila Anda sering mengalami serangan asma, sebaiknya Anda memiliki inhaler sebagai alat bantu untuk mengeluarkan udara yang terperangkap di paru-paru.
  5. Jangan merokok atau terpapar asap rokok, karena rokok dapat menyebabkan pembengkakan pada saluran udara dan meningkatkan risiko serangan asma.
  6. Latih pernapasan dalam-dalam untuk meningkatkan kemampuan paru-paru Anda dalam mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.
  7. Bila Anda sedang mengalami serangan asma, coba tenangkan diri Anda dan nafas dalam-dalam melalui mulut untuk membantu mengeluarkan udara yang terperangkap di paru-paru.
  8. Jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat memperburuk gejala asma, seperti makanan yang mengandung banyak lemak atau minuman yang mengandung alkohol.
  9. Perbanyak aktivitas fisik yang sesuai dengan kemampuan Anda, karena olahraga dapat meningkatkan kekuatan paru-paru dan mengurangi risiko serangan asma.
  10. Jangan takut untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gejala asma yang parah atau jika Anda merasa tidak nyaman dengan pengobatan yang sedang Anda jalani. Selalu ingat bahwa dokter adalah orang yang paling tepat untuk memberikan saran dan bantuan bagi Anda yang menderita penyakit asma

Posting Komentar