Panduan Cara Membuat Website Mobile Friendly Dengan Mudah

Membuat sebuah website mobile friendly tidaklah sulit. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan

Dengan semakin banyaknya orang yang mengakses internet menggunakan perangkat mobile, membuat website mobile friendly menjadi sangat penting. Website yang mobile friendly tidak hanya akan memudahkan pengunjung mengaksesnya melalui perangkat mobile, tetapi juga akan meningkatkan kualitas user experience serta membantu meningkatkan peringkat website di mesin pencari.

Website mobile friendly adalah website yang dapat dibuka dan diakses dengan mudah pada perangkat mobile. Website ini memiliki tampilan yang sesuai dengan ukuran layar mobile, sehingga pengguna tidak perlu menggeser layar untuk mengakses konten yang ada.

Selain itu, pastikan bahwa website Anda juga memiliki navigasi yang mudah digunakan di perangkat mobile. Buat tombol dan link yang besar dan mudah diklik dengan jari, serta pastikan bahwa konten website dapat dengan mudah dibaca di perangkat mobile.

Panduan Cara Membuat Website Mobile Friendly Dengan Baik dan Benar

Membuat Website Mobile Friendly

Untuk cara membuat sebuah website mobile friendly tidaklah sulit. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Buat Desain Website Responsif

Untuk membuat website yang responsif, pertama-tama perlu dilakukan penyesuaian ukuran layar agar tampilan website dapat menyesuaikan dengan ukuran layar yang berbeda. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode grid system dan media queries.

Grid system akan membagi layar website menjadi beberapa kolom yang dapat disesuaikan dengan ukuran layar. Media queries akan membantu menentukan bagaimana elemen-elemen website akan ditampilkan pada layar dengan ukuran yang berbeda.

Dengan mengimplementasikan konsep tersebut, website akan dapat ditampilkan dengan baik pada berbagai ukuran layar dan mudah digunakan oleh pengguna.

2. Gunakan Font Yang Mudah di Baca dan Pahami

Pemilihan jenis font yang tepat untuk website merupakan hal yang penting untuk memastikan kenyamanan pembaca. Penggunaan jenis font yang tepat dapat membuat website terlihat lebih rapi dan profesional, serta meningkatkan kualitas konten yang disajikan.

Jenis font yang umum digunakan pada website adalah font sans-serif seperti Arial, Helvetica, dan Verdana. Font ini memiliki desain yang simple dan mudah dibaca pada layar, sehingga cocok untuk penggunaan pada website. Selain itu, penggunaan font sans-serif juga dapat membuat website terlihat lebih modern dan dinamis.

3. Buat Menu Navigasi Dengan Jelas Dan Responsif

Menu navigasi merupakan salah satu bagian penting dari sebuah website yang membantu pengguna untuk menavigasi halaman-halaman yang ada di dalamnya. Namun, saat ini muncul istilah menu navigasi responsif yang merupakan jenis menu navigasi yang dapat menyesuaikan ukuran layar perangkat yang digunakan.

Menu navigasi responsif memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan menu navigasi biasa. Salah satunya, menu navigasi responsif dapat menampilkan isi menu sesuai dengan ukuran layar perangkat yang digunakan. Hal ini membuat pengguna lebih nyaman dalam menggunakan website karena tidak perlu melakukan scrolling horizontal untuk menemukan menu yang dicari.

Dengan demikian, menu navigasi responsif juga membantu website untuk memenuhi standar mobile-friendly yang saat ini menjadi salah satu faktor yang diperhatikan oleh mesin pencari dalam menentukan peringkat website.

4. Sertakan Kolom Pencarian Website

Untuk website yang dibuka melalui perangkat mobile, sebaiknya memiliki kolom pencarian yang mobile friendly. Hal ini penting karena ukuran layar perangkat mobile lebih kecil dibandingkan dengan komputer. Kolom pencarian yang mobile friendly akan mempermudah pengguna dalam mengetik dan menemukan informasi yang dicari.

Selain itu, kolom pencarian juga harus dapat dibuka dan ditutup dengan mudah untuk menghemat ruang layar pada perangkat mobile. Dengan memiliki kolom pencarian yang mobile friendly, website akan lebih mudah diakses dan digunakan oleh pengguna perangkat mobile.

5. Jangan Gunakan Popup

Popup pada website merupakan fitur yang tidak disukai oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan popup seringkali mengganggu pengalaman pengguna ketika menjelajahi website melalui perangkat mobile. Selain itu, popup juga dapat memperlambat loading website.

Pengguna website lebih menyukai website yang mudah diakses, cepat loading, dan memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat. Dengan menghindari penggunaan popup, pada website mobile friendly akan terlihat lebih professional dan dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pengguna.

6. Percepat Loading Website

Kecepatan loading website adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan kualitas sebuah situs web. Hal ini karena kecepatan loading website dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan dan kepuasan pengguna saat menjelajahi sebuah situs web. Semakin cepat sebuah website dapat dimuat, maka semakin nyaman pengalaman yang akan dirasakan oleh pengguna.

Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik website untuk selalu memantau dan meningkatkan kecepatan loading website mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengoptimalkan konten dan gambar di situs web, serta memilih hosting yang tepat dan memperbarui plugin secara berkala.

Dengan demikian, kecepatan loading website akan meningkat dan pengguna akan merasa lebih nyaman saat menjelajahi situs web tersebut.

Kesimpulan

Setelah menerapkan panduan diatas, dapat disimpulkan bahwa memiliki website yang mobile friendly merupakan hal yang penting bagi keberhasilan sebuah bisnis atau organisasi.

Hal ini karena semakin banyak orang yang mengakses internet melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, sehingga website yang tidak mobile friendly akan kesulitan untuk dibuka dan dilihat oleh pengunjung.

Posting Komentar